Cegah Bencana, Gema Jabar Hejo Tanam 1.000 Pohon

oleh -67 views
1000-Tanam-Pohon
TANAM POHON: Para pegiat lingkungan yang tergabung dalam Gema Jabar Hejo Kuningan melakukan aksi penanaman 1.000 pohon di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN-Para pegiat lingkungan yang tergabung dalam Gema Jabar Hejo Kuningan melakukan aksi penanaman 1.000 pohon di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Aksi ini difokuskan di lahan hutan kawasan resapan air untuk mencegah terjadinya musibah kebencanaan.

Ketua Gema Jabar Hejo Kuningan Daeng Ali menuturkan, penanaman pohon dilakukan pada Desember karena tepat memasuki musim penghujan. Ada sebanyak 1.000 pohon disiapkan dari beragam jenis di antaranya Gmelina, Akasia, Kihujan, Sukun, Jati Putih dan jenis pohon yang lain.

Baca Juga: Bidan Gantung Diri di Kamar Mandi

“Menjaga lingkungan dan hutan bukanlah sebuah acara untuk seremonial saja, tapi memang diperlukan kesabaran dan hati yang tulus saat bergerak. Sebab menanam bukan hanya seremonial saja, tapi memang ini harus tertanam di jiwa kita demi menjaga kelestarian a1lam dan lingkungan,” ujar Daeng Ali dalam keterangan persnya, kemarin (24/12),.

Ia mengibaratkan, bahwa aksi ini seperti menanam untuk keberlangsungan hidup anak cucu di masa mendatang. Hal itu akan dirasakan, jika kelak anak cucu telah tumbuh besar.

“Bila pohon terus ditebangi, air terus digunakan dan sampah dibuang tanpa ada pengelolaan, maka mau tidak mau, bumi yang kita pijak akan rusak,” katanya.

Dalam kesempatan itu, aksi penanaman pohon juga diikuti Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi. Ia sangat mengapresiasi, gerakan penanaman pohon yang dilakukan pegiat lingkungan dari Gema Jabar Hejo Kuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.