Damkar Kuningan Bersihkan Bambu yang Tumbang ke Jalan

oleh -14 views

KUNINGAN-Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan memangkas rumpun bambu yang tumbang hingga mengganggu akses Jalan Cigugur-Palutungan, kemarin (16/12).

Dengan menggunakan gergaji mesin, petugas memangkas satu persatu batang bambu yang tumbang menutup jalan. Butuh waktu sekitar satu jam untuk petugas membabat habis rumpun bambu yang tumbang akibat tiupan angin kencang bersama hujan deras pada Selasa kemarin.

Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti mengatakan, pembersihan rumpun bambu yang tumbang tersebut atas permintaan salah satu warga bernama Luri. Rupanya, keberadaan rumpun bambu yang tumbang ke jalan tersebut cukup mengganggu aktivitas lalu lintas jalan utama Cigugur-Palutungan.

“Keberadaan rumpun bambu yang roboh cukup membahayakan para pengguna jalan. Sehingga atas inisiatif warga bernama Pak Luri melaporkan hal tersebut kepada kami, kemudian langsung ditindaklanjuti oleh satu regu Damkar datang ke lokasi dan melakukan pemotongan serta pembersihan bambu yang roboh,” ungkap khadafi.

Khadafi pun mengapresiasi kesigapan warga yang melaporkan kejadian rumpun bambu yang tumbang tersebut kepada petugas Damkar sehingga bisa langsung dilakukan pembersihan. Sekaligus Khadafi pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati dalam menghadapi musim hujan saat ini yang berpotensi terjadi bencana seperti tanah longsor, banjir, pohon tumbang, angin kencang dan lainnya.

“Waspada apabila terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, sebaiknya tidak melakukan perjalanan ke luar rumah. Apabila sedang ada di jalan, jangan berteduh di bawah pohon, melainkan berteduh di tempat yang bangunannya kokoh untuk menghindar dari pohon tumbang ataupun sambaran petir. Jangan lupa selalu berdoa meminta perlindungan Allah SWT agar kita semua dilindungi dari segala bencana,” imbau Khadafi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.