Desa Kertayasa Didorong Jadi Percontohan RPP Pertanian

oleh -23 views
Desa-Kertayasa-Kuningan
LANCAR: Kades Kertayasa Arief Amaruddin (tengah), foto bersama sejumlah aktivis, usai acara FGD RPP UU Cipta Kerja Bidang Pertanian, kemarin (14/1). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Salah satu hasil pelaksanaan webinar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bidang pertanian, merekomendasikan Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung sebagai percontohan.

Hal itu terungkap dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Institute Agroekologi Indonesia (Inagri), bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Kertayasa dan Tim Serap Aspirasi (TSA) Kementerian Koordinator Ekonomi (Kemenko), kemarin (14/1).

Baca Juga: Acep Panen Perdana Padi Benih Inpari 33

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan ini, khususnya kepada para narasumber. Pertanyaan mendasar, sebetulnya UU Cipta Kerja bidang pertanian ini untuk siapa? Pengusaha, atau petani desa,” kata Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin dalam sambutannya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, terdapat delapan rekomendasi Tim Serap Aspirasi hasil FGD RPP sektor pertanian. Yakni pentingnya reforma agraria dalam RPP Pertanian dan perlu strategi pelaksanaannya, agar kebijakan lebih mendukung sektor pertanian untuk berkembang.

Lalu, signifikansi upaya peningkatan produksi pangan lokal berbasis zonasi agroekologi/kawasan pertanian yang peruntukannya untuk pangan, penggembelaan umum dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan pertanian Berkelanjutan dalam RPP Pertanian. Juga perlunya perlindungan dan pemberdayaan petani serta perkuat posisi kelembagaan  petani dan Bumdes dalam RPP Pertanian.

“Kemudian perlu dilakukan pemberdayaan usaha perbenihan dan bioteknologi petani kecil dalam RPP Pertanian, pentingnya perlindungan bagi pemasaran pertanian kecil dan menengah pada platform digital dalam RPP¬†Pertanian,” kata¬†Arief.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *