Dosen STIKKu Beri Penyuluhan di Cipancur

oleh -149 views
Dosen-Prodi-Kesmas-STIKKu
USAI: Sejumlah dosen Prodi Kesmas STIKKu foto bersama para kader PKK Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis, usai memberikan penyuluhan, kemarin. FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

“Aktivitas saat pengabdian masyarakat, di antaranya pemberian edukasi kepada kader atau masyarakat tentang bahaya Covid-19 di lingkungan. Peserta mengisi absensi, dan mengisi pretest dan postest saat berlangsung dan setelah diberikan edukasi pencegahan penularan Covid-19 di kalangan masyarakat Cipancur,” ucap Hamdan.

Dalam materi berikutnya membentuk “Rumpi Online”. Ini disampaikan sebagai solusi penguatan fungsi penyuluhan kesehatan pada kader posyandu, tentang kesehatan seksual dan reproduksi di era pandemi.

Kali ini kegiatan dilaksanakan oleh Anom Dwi Prakoso SKM MKM dan Fuad Hilmi Sudasman SKM MKM. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan, pelatihan dan pengorganisasisan tentang kesehatan seksual dan reproduksi pada kader posyandu menggunakan metode “Rumpi Online” menggunakan WA grup di era pandemi.

Dijelaskan, pandemi Covid-19 menuntut seseorang menerapkan protokol kesehatan dengan metode 3M secara ketat. Hal ini mengharuskan kader posyandu seminimal mungkin untuk menjaga jarak, meminimalkan kontak dengan orang lain dan menghindari kerumunan yang tidak perlu.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan di Aula Desa Cipancur. Kegiatan pertama dengan memberikan soal sebagai pretest kepada ibu-ibu kader posyandu. Kemudian mereka mendapatkan materi penyuluhan tentang kesehatan seksual dan reproduksi, melalui isu-isu kesehatan seksual yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar maupun yang sedang viral di berita.

“Ini bertujuan untuk menarik minat awal dari ibu-ibu, karena umumnya mereka menyukai isu-isu terkini dan kegiatan ngerumpi,” kata Anom Dwi Prakoso SKM MKM diiyakan rekannya Fuad Hilmi Sudasman SKM MKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.