Kena Semburan Kobra, Petugas Damkar Dilarikan ke Rumah Sakit

oleh -82 views
Petugas-Damkar-Kuningan
BEROBAT: Petugas Damkar Kuningan Gugum Gumelar saat menjalani pengobatan di RSUD '45 Kuningan karena terkena semburan ular kobra, kemarin. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN-Seorang anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan Gugum Gumelar terpaksa dilarikan ke RSUD ’45 Kuningan. Pasalnya, Ia terkena semburan ular kobra saat menangani ular berbisa tersebut di rumah warga Desa Kadurama, Kecamatan Ciawigebang, Kamis (7/1).

Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi saat anggotanya tengah mengevakuasi seekor ular kobra jawa di rumah Sahroni,  warga Desa Kadurama. Ular berbisa yang biasa disebut ular sendok tersebut menyemburkan bisanya ke wajah Gugum saat hendak dimasukkan ke dalam karung. Beruntung, saat proses evakuasi tersebut Gugum sudah melengkapi dirinya dengan pakaian pelindung diri seperti sarung tangan dan kacamata safety, sehingga semburan bisa tersebut tidak langsung mengenai mata.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19, Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

“Saat proses evakuasi, Pak Gugum sudah memakai peralatan pelindungan diri lengkap mulai dari tongkat penjepit ular, sarung tangan dan kacamata safety. Proses evakuasi pun berlangsung lancar dan ular bisa ditangkap. Namun saat akan dimasukkan ke dalam karung, ternyata ular tersebut menyemburkan bisanya ke wajah Pak Gugum pas kena kacamata sebelah kiri. Ternyata cipratan bisa tersebut sebagian ada yang kena keringat di wajah Pak Gugum dan ada yang masuk ke mata sehingga menimbulkan rasa perih seperti kemasukan air sabun,” ujar Khadafi menirukan cerita anggotanya.

Khadafi melanjutkan, saat itu juga Gugum langsung mencuci wajahnya terutama bagian yang terkena semburan bisa ular tersebut dengan air bersih yang mengalir. Termasuk mengobati mata kirinya menggunakan obat tetes mata sebagai upaya pertolongan pertama.

“Setelah itu Pak Gugum langsung dilarikan ke IGD RSUD ’45 Kuningan untuk penanganan lebih lanjut. Alhamdulillah setelah mendapat penanganan dari petugas medis, kondisi mata Pak Gugum sudah membaik dan bisa langsung pulang,” ujar Khadafi.

Selanjutnya, kata Khadafi, Gugum yang merupakan petugas Damkar berstatus tenaga harian lepas (THL) tersebut diminta istirahat selama tiga hari. Kemudian kembali kontrol ke RSUD ’45 untuk diperiksa perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.