Satpol PP Segel Tambang Batu

oleh -16 views
Pol-PP-Kuningan
TINDAK TEGAS: Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terpaksa melakukan penyegelan terhadap aktivitas tambang batu karena diduga tak mengantongi izin. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN–Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terpaksa melakukan penyegelan terhadap ativitas tambang batu. Hal ini diduga, kawasan penambangan tersebut tidak mengantongi izin.

Lokasi penambangan itu sendiri berada di kawasan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Bahkan kabarnya, penyegelan lokasi galian batu didasari atas keluhan dari warga setempat.

Baca Juga: Parpol Harus Mulai Panaskan Mesin ”Perang”

“Mereka khawatir adanya kegiatan galian yang berada sekitar objek wisata Sukageuri ini bisa membahayakan para pengunjung. Bahkan, bisa membahayakan keselamatan para penambangnya juga,” tegas Kasatpol PP Kuningan Agus Basuki saat dikonfirmasi awak media, Jumat (15/1).

Dia beranggapan, lokasi penambangan batu secara manual itu bertentangan dengan Perda Kuningan. Sebab melarang adanya lokasi galian di wilayah barat khususnya di kawasan lereng Gunung Ciremai. “Ya memang tidak berizin, karena di daerah barat sesuai perda tidak ada izin penambangan,” tandasnya.

Dia mengaku, proses penyegelan berjalan cukup lancar. Sebab sebelumnya, pihaknya bersama pemerintah setempat telah sosialiasi selama sepekan kepada masyarakat penambang. “Mereka, masyarakat penambangnya juga sudah menyatakan siap berhenti beroperasi,” ujarnya.

Dirinya berharap, penyegelan ini bisa menghentikan kegiatan penambangan batu di daerah tersebut. Pihaknya bersama pemerintah desa setempat telah sosialisasi, agar warga penambang bisa beralih profesi dari penambang ke pekerjaan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *