Vaksinasi Covid-19, Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

oleh -22 views

KUNINGAN–Pemerintah Kabupaten Kuningan mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Kemendagri RI dan Menteri Kesehatan RI secara virtual. Rakor ini berkaitan dengan kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan penegakan protokol kesehatan. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menuturkan, proses vaksinasi yang akan berlangsung nanti bisa dilakukan dengan baik dan lancar. Walaupun nantinya masyarakat telah divaksin Covid-19, mereka harus tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, wabup meminta, masyarakat Kabupaten Kuningan tetap menjalankan protokol kesehatan melalui gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga: Dua Alat Berat Tangani Longsor Padahurip

“Saya berharap, meski telah divaksinasi, masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan agar mata rantai Covid-19 benar-benar dapat diputus. Semoga nanti masyarakat dan seluruh pejabat pemerintah daerah akan divaksinasi, agar menurunkan angka Covid-19 di Kabupaten Kuningan,” kata Wabup Edo-sapaan akrab Wakil Bupati HM Ridho Suganda, kemarin (6/1).

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, bahwa Indonesia menargetkan 180 juta vaksinasi. Jadi satu vaksin dikali dua menjadi 360 juta, serta pencadangan vaksin sebanyak 15 persen. Untuk itu, Indonesia membutuhkan vaksin kurang lebih sebanyak 426 juta dosis.

Rencananya, pemerintah pusat akan mengawali penyuntikan vaksin secara serentak pada 13 Januari 2021. Bahkan pertama kalinya, orang yang akan divaksin yakni Presiden RI Joko Widodo. “Kemudian diikuti para pejabat pemerintah pusat, dan dilanjutkan vaksinasi untuk para kepala daerah se-Indonesia,” ujarnya.

Dia juga memaparkan, khusus gelombang pertama vaksinasi akan dilakukan Januari-April 2021 dengan target 1,6 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik dengan usia di bawah 60 tahun. Sedangkan pada kelompok usia di atas 60 tahun, akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.